Pertolongan Pertama pada Kecelakaan: Benda Asing


 Apa sih benda asing itu? Benda asing menurut Pustaka Kesehatan merupakan benda yang tidak biasa di dalam tubuh seperti duri menusuk dan tertinggal dan kulit, serangga yang masuk ke dalam mata, hidung, atau telinga. Berikut akan dijelaskan pertolongan pertama pada benda asing yang masuk ke dalam tubuh kita.
  • Hindarkan menggosok mata ketika terasa gatal. Biasanya rasa gatal disebabkan oleh debu halus atau bulu mata yang masuk ke dalam kelopak mata. Untuk mengatasinya segera ambil ujung kapas (bisa juga menggunkan cotton bud), kemudian dibasahai dan ambil benda asing yang masuk ke mata. Debu juga dapat dikeluarkan dengan mengalirkan air bersih. Jika mata berdarah atau benda asing tersebut menancap pada selaput lendir bola mata, segera dibawa ke rumah sakit terdekat.
  • Jika benda asing yang masuk ke hidung kecil, usahakanlah  untuk bersin. Bagaimana cara bersin cepat? Ciumlah bubuk merica, pandang lampu terang atau langit cerah. Jika tidak berhasil, bawa segera ke rumah sakit. Hindarilah mengorek atau menyemprot hidung  dengan air. Hal tersebut dikarenakan dapat mempeparah benda asing terdesak semakin dalam.  
  • Jika benda asing masuk ke telinga, segera oleskan minyak mineral (obat tetes telinga, gliserin atau parafin cair). Obat-obat yang disebutkan sebelumnya dapat dibeli di apotik terdekat. Kemudian kepala dimiringkan dan amati apakah benda asing tersebut keluar atau tidak. Semisal upaya tersebut belum berhasil, segeralah bawa ke rumah sakit.
  • Pada duri yang menancap, gunakanlah alat penjepit atau pinset yang sudah disterilkan dengan betadin untuk dicabut jika ujung duri masih bisa diraba. Bila durinya halus, tempelkan plester pada kulit dan cabut plester dengan cepat. Lakukanlah berulang hingga duri tercabut semua. 

Semoga bermanfaat ^_^

Komentar

Postingan Populer