Warna Mobil Penyumbang Terjadinya Kecelakaan

Sudah tidak asing lagi kita mendengar berita tentang kecelakaan kendaraan bermotor. Tercatat dalam data yang diliris Badan Pusat Statistik, kecelakaan kendaraan bermotor di Indonesia meroket mencapai sekitar 9x. Pada 2003, jumlah kecelakaan yang terjadi sebanyak 13.399 kejadian. Sepuluh tahun kemudian, pada 2013, kecelakaan yang terjadi menjadi 117.949 kejadian. Hingga 22 Maret ini tercatat terjadi 55 kecelakaan di wilayah hukum Polres Maros. Data tersebut sungguh mengejutkan. (sumber: mobilmotor.co.id)

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Apalagi penyebabnya kalau bukan dari ketidakdisiplinan pengemudi (human error). Selain itu, ternyata warna mobil juga menjadi penyumbang terjadinya kecelakaan. Walaupun memang masih dalam skala kecil.

Dari beberapa penelitian, muncul hasil menarik terkait warna mobil. Saat mendekati mobil di jalan, pengemudi tentunya harus sangat berhati-hati supaya kecelakaan berkurang. Mari kita bayangkan ada dua mobil yang melaju dengan kecepatan (velocity) sama. Mobil yang satu berwarna merah, sedangkan mobil yang lain berwarna hijau. Kendaraan mana yang terlihat lebih jelas? Kalau dibayangkan, mobil merahlah yang akan lebih terlihat.

Mengapa bisa demikian? Temukan jawaban lengkapnya hanya di Majalah Sains Indonesia Edisi 28, April 2014.


Komentar

Postingan Populer