Krakatau yang Meledakkan Dunia


Siapa sih yang engga tahu tentang Gunung Krakatau yang meletus? Ternyata nih Letusan Gunung ini (1883) dicatat dalam The Guiness Book of Records sebagai ledakan terhebat yan pernah terekam sejarah dan saat terjadinya ledakan itu disebut sebagai "Ketika Dunia Meledak". Naah simak deh cerita ringkasnya dari buku yang aku baca. Monggo...

Pada bulan Agustus 1883, seorang Bintara Belanda yang bertugas di Batavia menyaksikan perubahan cuaca yang begitu drastis: langit pekat berawan mendung, hujan turun disertai butiran-butiran es, suara gemuruh badai disertai letupan terdengar, dan suara letusan-letusan seperti meriam berat membahana di seluruh penjuru kota. Koran Java Bode mengabarkan bahwa orang-orang segera teringat pada Gunung Krakatau yang telah lama "tertidur" selama dua abad.

Sekitar pukul 5 sore, dari dua lapangan di Batavia, orang bisa menyaksikan klatan-kilatan seperti halilintar dari ufuk barat, bukan muncul atas ke bawah tapi dari bawah ke atas (wallahu alam). Kondisi Batavia kemudian berubah mencekam. Di kota itu, hampir ngga ada orang yg tidur kala itu. Sebagian umat muslim berkumpul di mesjid untuk shalat, dan sebagian warga Belanda tetap terjaga di rumahnya masing-masing.

Jam menunjukkan pukul 2 pagi, letusan bak tembakan cepat artileri mencapai puncaknya. Akibatnya rumah-rumah batu bergetar, jendela-jendela bergemerincing, lampu penerangan jalan jatuh dan bertebaran di tanah. Beberapa saat kemudian angin berubah menjadi sangat dingin beserta kabut tebal yang menyelimutinya. Hujan abu nerjatuhan yang pada awalnya hanya sedikit, lama-kelamaan menjadi banyak.

Sampai pukul 7 pagi, matahari belum juga muncul. Pagi hari itu diawali dengan gelap, dingin dan mencekam.

Setelah pukul 12 siang, ada kabar dari Pasar Ikan dan Tanjung Priok yang menyebut bahwa gelombang pasang telah membanjiri kota bagian bawah. Beberapa kapal motor dan perahu terdampar acak-acakan di Pelabuhan Pasar Ikan, berlumuran lumpur, abu tebal. Para pengungsi pun menjijnjing harta mereka ke daerah yang lebih tinggi letaknya.

Menurut buku yang aku baca, jumlah korbannya cukup banyak. Korban meninggal sebanyak 1.794 orang penduduk asli dan 546 Cina dan Timur Asing lainnya. Yang selamat ada seorang pekerja di sebuah perusahaan pelabuhan, adapula Insinyur Belanda yang bernama Nieuwenhuis.

Naah, itu tadi cerita singkatnya. Sekarang aku kasih tahu kalian yaa kenapa ledakan Krakatau masuk ke The Guiness Books of Records ? Para peneliti di University of North Dakota mengatakan letusan Krakatau telah mencatatkan nilai Volcanis Explosivity Index (VEI) terbesar. Dibandingkan dengan bom atom, wuuuh eta mah ngga ada apa-apanya. Karena bom atom yang diledakkan saat uji coba di Los Alamos memancarkan 0,019 megaton sedangkan ledakan Krakatau memancarkan energi 410 megaton (ckckck Allahu akbar). Ledakkan itu mengakibatkan air bah masuk mencapai 15 km ke arah barat. Naah sekian deh info yg bisa aku berikan. Maaf yaa ngga banyak-banyak (:

Komentar

Postingan Populer